Rpp Pemrograman Dasar Materi Struktur Kontrol Jaringan Perulangan Dalam Bahasa Pemrograman

Sebelum anda menyusun rpp pemrograman dasar bab ini, fahami dulu istilah berikut. Pada dasarnya struktur perulangan ini sama halnya dengan struktur perulangan dalam pemrograman
lainnya. Apa yang dimaksud dengan struktur kontrol jaringan perulangan dalam bahasa pemrograman?. Struktur kontrol perulangan dalam bahasa pemrograman adalah suatu fungsi program yang akan dijalankan secara berulang ulang. Contohnya, jika ingin membuat tampilan nama sebanyak 200 kali, tentunya akan membutuhkan waktu sangat lama jika dengan menuliskan kode program secara manual. Dengan adanya struktur kontrol perulangan ini anda bisa menampilkan dengan nama sebanyak 200 kali hanya dengan menggunakan beberapa baris program yang sederhana.

Rpp Pemrograman Dasar Materi Struktur Kontrol Jaringan Perulangan Dalam Bahasa Pemrograman

Dalam bahasa pemrograman struktur kontrol perulangan dikenal dengan beberapa macam, yaitu:
A. Perulangan for
Perulangan for adalah struktur kontrol perulangan yang menjalankan satu atau lebih dari satu perintah dengan jumlah perulangan yang sudah ditentukan dalam proses inisialisasi kondisi.
B. Perulangan Do While
Perulangan Do While adalah bentuk struktur kontrol perulangan yang menjalankan perintah yang sudah berada di dalam kondisi perulangan setelah perintah selesai di jalankan sebanyak satu kali terlebih dahulu.
C. Perulangan Foto
Perulangan Foto adalah suatu bentuk struktur kontrol perulangan yang memiliki lambang atau logo. Perintah yang mengulang jika perintah tersebut memerintah untuk kembali atau menuju ke lambang. Sampai sini sudah mulai faham kan materinya sebelum anda menyususn rpp pemrograman dasar.

Lambang tersebut adalah bentuk pengenalan (identifir).
Selain struktur perulangan dalam pemrograman ada juga struktur percabangan dalam pemrograman. Berikut beberapa struktur perbankan dalam pemrograman, yaitu:
1. Percabangan If
Percabangan If ialah struktur kontrol percabangan yang memiliki suatu kondisi.
2. Percabangan If else
Percabangan If else adalah percabangan yang berbentuk struktur kontrol percabangan yang memiliki
suatu kondisi yang benar dan perintah yang dijalankan, apabila kondisi tersebut salah maka akan ada
perintah lainnya yang bisa berjalan oleh program.
3. Percabangan if-else if-else
Percabangan if-else if-else merupakan bentuk struktur kontrol percabangan yang memiliki banyak kondisi.
4. Percabangan Switch

Percabangan Switch merupakan struktur kontrol percabangan yang memiliki tipe numerik. Default yang mempunyai fungsi untuk menjalankan perintah default atau dasar yang telah dikondisikan tidak sesuai dengan nilai fase yang ada.

Sampai disini saja pembahasan mengenai struktur kontrol perulangan dalam bahasa pemrograman yang dapat saya sampaikan. Baca juga : rpp pemrograman dasar , untuk rpp selengkapnya. Sekian terima kasih:)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Usaha Bisnis Waralaba Franchise Makanan Yang Paling Murah Menguntungkan Laris

Cara Merawat Kulit yang Sehat dan Mudah

Rpp Smk Kurikulum 2013 Revisi 2017 Harus Tepat Sasaran